Siti Sriyatun

Lahir dan menetap di Rembang, 14 September 1973. Alumni S1 IKIP Negeri Semarang Jurusan Pendidikan Matematika tahun 1997dan S2 Universitas Negeri Semarang (UNNE...

Selengkapnya
Navigasi Web
Literasi Dilatasi
Karet gelang dan toples, terjadilah dilatasi (dokumen google)

Literasi Dilatasi

#TantanganGurusiana365 (Hari ke 124)

Amatilah sebuah balon yang dihembus atau diisi dengan udara. Makin banyak udara yang dipompa ke balon, balon makin membesar. Sekarang, amatilah gelombang di permukaan air yang tenang. Isilah air pada ember dengan permukaan berbentuk lingkaran. Biarkan sejenak agar permukaan air tidak beriak atau tenang. Kemudian, jatuhkan setetes air ke permukaan air yang tenang tersebut. Pasti terlihat ada gelombang di permukaan air. Balon membesar dan gelombang air merupakan contoh dilatasi.

Dilatasi merupakan transformasi yang mengubah ukuran objek (memerbesar atau memerkecil), akan tetapi tidak mengubah bentuknya. Dalam suatu dilatasi harus ditetapkan pusat dilatasi dan faktor dilatasi atau faktor skala. Dilatasi yang berpusat di titik asal O (0,0) dan titik sembarang P (x,y) masing-masing memiliki faktor skala k yang dinotasikan berturut-turut dengan [O, k] dan [P, k]. Jika k > 1 maka objek akan diperbesar dan terletak searah terhadap pusat dilatasi dengan objek semula. Jika k = 1 maka objek tidak mengalami perubahan ukuran dan letak. Jika k < 1 maka objek akan diperkecil dan terletak searah terhadap pusat dilatasi dengan objek semula.

Soal dilatasi dapat dikaitkan dalam berbagai konteks literasi matematika, misalnya dalam konteks pribadi, pekerjaan, sosial, dan ilmiah. Berikut contoh soal dilatasi:

1. Dilatasi dengan konteks pribadi

Ibu menyimpan gula dalam sebuah tabung tanpa tutup dengan luas alas 616 cm2. Suatu hari ibu melihat semut telah masuk ke tempat gula tersebut. Ibu membersihkan gula tersebut dari semut dan segera menutup tabung dengan plastik serta mengikatnya dengan karet gelang yang berbentuk lingkaran dengan diameter 7 cm. Hitunglah faktor skala perbesaran karet gelang tersebut!

2. Dilatasi dengan konteks pekerjaan

Pak Amir memiliki rumah dengan ukuran panjang dan lebar seperti pada gambar denah berikut, dengan skala 1 : 200.

Pak Amir akan merenovasi rumahnya dengan meminta bantuan pada seorang arsitek. Dengan melihat ukuran tanah yang tersedia, arsitek tersebut mengubah dengan denah baru berdasarkan pusat dilatasi pada titik A dan faktor skala 2. Bantulah arsitek tersebut untuk membuat gambar denah yang baru!

3. Dilatasi dengan konteks pekerjaan

Sebuah perusahaan memiliki gudang dengan ukuran panjang dan lebar seperti pada gambar berikut.

Jika gudang tersebut direnovasi bentuk atau posisinya menjadi persegi panjang A’B’C’D’ seperti yang terlihat pada gambar 1 dan gambar 2, tentukanlah titik pusat dilatasi dan faktor skala dilatasi pada masing-masing gambar!

4. Dilatasi dengan konteks ilmiah

Seorang anak mempunyai balon dengan volume 125.400 cm3. Balon tersebut mengecil karena pengikatnya tidak erat. Pada pengamatan terakhir, jari-jari balon tersebut adalah 5 cm. Hitunglah faktor skala pengecilan balon tersebut!

Literasi perlu dilatihkan ke siswa. Dengan melatih siswa tentang literasi akan membiasakan siswa mampu untuk merumuskan, menggunakan, dan menafsirkan matematika pada suatu permasalahan. Kemampuan literasi memiliki peran penting dalam membantu siswa menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Selamat berliterasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post