Siti Sriyatun

Lahir dan menetap di Rembang, 14 September 1973. Alumni S1 IKIP Negeri Semarang Jurusan Pendidikan Matematika tahun 1997dan S2 Universitas Negeri Semarang (UNNE...

Selengkapnya
Navigasi Web
Merebaknya Webinar
Dokumen google

Merebaknya Webinar

#TantanganGurusiana365 (Hari ke 126)

Pada masa pandemi Covid-19 ini ada larangan untuk berkerumun. Segala kegiatan yang mendatangkan banyak orang menjadi tertunda atau dibatalkan. Hal ini tidak menghalangi untuk kegiatan yang bersifat edukasi. Dengan kemajuan teknologi, kegiatan ini menjadi tidak masalah. Kegiatan ini dengan mudah dapat diatasi. Untuk menyampaikan pesan dan informasi dapat dilaksanakan tanpa berkerumun. Kegiatan ini tidak mengharuskan peserta mengeluarkan biaya untuk transportasi. Para peserta cukup duduk manis di rumah. Kegiatan menyampaikan pesan dan informasi dilaksanakan dengan cara jarak jauh. Kegiatan semacam itu sering diberi nama WEBINAR.

Apakah sebenarnya webinar itu? Webinar merupakan singkatan dari kata web dan seminar. Yakni sebuah seminar yang dilaksanakan melalui sebuah situs web atau aplikasi tertentu berbantuan internet. Pengisi materi atau pembicara disebut dengan narasumber. Narasumber menyampaikan informasi melalui internet maupun media elektronik lainnya. Biasanya materi yang disampaikan narasumber pada webinar adalah cara mengoperasikan suatu system, tips and tricks, dan penyusunan suatu strategi dalam berbisnis

Selama webinar, penyelenggara menyampaikan presentasi kepada audiens. Peserta tetap dalam mode hanya mendengarkan. Mereka dapat mengetik dan mengajukan pertanyaan kepada penyelenggara menggunakan opsi tanya jawab di jendela webinar. Jadi jika dilihat dari sisi arah komunikasi maka webinar umumnya hanya dilakukan dalam satu arah saja. Berbeda dengan telekonferensi yang umumnya penonton dapat memberikan pertanyaan lewat pembicaraan mereka.

Dilansir dari https://idcloudhost.com/mengenal-apa-itu-webinar-fungsi-manfaat-dan-cara-kerjanya/, jenis-jenis webinar adalah;

The Lead-Generation or Sales Webinar

Jenis webinar yang satu ini umumnya sering digunakan oleh para pemasar dalam meningkatkan leads. Webinar ini umumnya memungkinkan peserta untuk mendaftarkan diri dan email pada website. Barulah nantinya panitia dapat memberikan akses webinar pada materi atau modul yang ingin dijalankan. Namun jika memilih webinar yang satu ini, pastikan tidak hanya mencari jumlah peningkatan leads namun juga berikan informasi yang benar-benar berguna. Pasalnya, webinar ini berfungsi untuk memberikan informasi serta pemahaman bagi pesertanya.

The One-Off For-Profit Webinar

Bagi para pemasar yang ingin mencari sebuah keuntungan melalui webinar, maka bisa memilih webinar jenis ini. Hal ini karena setiap peserta yang ingin mengikuti webinar diharuskan untuk membayar terlebih dahulu. Adapun kelebihan yang didapat adalah pembicara dengan topik yang berkualitas serta profesional. Tentu saja setiap peserta akan mendapatkan ilmu sesuai jumlah uang yang mereka keluarkan. Bagi yang ingin memilih webinar ini, maka ada baiknya untuk mempersiapkan kualitas ilmu sesuai dengan harga yang ditawarkan.

The Multi-Module Webinar or Webinar Series

Webinar ini umumnya dapat dikatakan sebagai jenis webinar terbaik. Pasalnya, webinar ini terdiri dari lebih satu episode dengan topik yang dipilih bisa dijelaskan secara komprehensif. Lebih dari itu, para peserta juga bisa memperoleh topik tambahan dengan cara mengajukan pertanyaan. Dalam memilih webinar jenis ini, apapun topik yang dipilih pastikan peserta benar-benar mendapatkan manfaat di akhir sesinya. Dengan begitu, mereka tidak menghadiri webinar secara cuma-cuma.

Demikian pengertian webinar yang sebenarnya. Jangan sampai kita salah menggunakan kata webinar dalam suatu kegiatan. Jelas webinar berbeda dengan online meeting maupun telekonferensi. Selamat mengadakan kegiatan webinar. Semoga kegiatan berjalan lancar dan mendatangkan manfaat. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post